Sunday 29 November 2015

Tips Aman Menggunakan Kompor Gas

Kompor gas adalah alat pemasak yang paling populer di Indonesia. Kompor gas adalah gadget dapur yang paling penting di dapur dan sangat membantu aktivitas memasak di dapur. Namun perlu diperhatikan bahwa gas elpiji yang digunakan pada kompor gas sangat mudah terbakar. Kebocoran gas elpiji dapat menyebabkan kebakaran atau tabung gas meledak. Untuk itu setiap pengguna kompor gas harus tahu cara menggunakan gas elpiji untuk memasak secara aman. Bagaimana cara aman menggunakan kompor gas untuk memasak? Berikut berapa tips cara menggunakan kompor gas elpiji secara aman.
Gunakan Kompor dan Perlengkapan yang Berstandar SNI
Gunakan kompor, tabung gas elpiji, regulator, dan selang yang memiliki standar SNI (standar nasional Indonesia). Produk yang memiliki standar SNI telah mendapatkan sertifikat kualitas yang telah diuji sehingga lebih
terjamin mutunya.
Tempatkan Kompor dan Tabung Elpiji di Ruangan yang Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik
Sirkulasi udara yang baik akan membantu mengurangi resiko bahaya dan ledakan jika terjadi kebocoran gas elpiji. Sirkulasi udara juga dapat mengurangi resiko gangguan kesehatan akibat menghirup gas elpiji jika tergadi kebocoran gas elpiji.
Pemasangan Selang Gas yang Sempurna
Selang gas harus terpasang sempurna dan erat pada kompor dan pada tabung gas. Hal ini untuk memastikan bahwa selang tidak dapat bergerak bebas yang memungkinkan gas untuk bocor.
Letakkan Tabung Gas Elpiji di Tempat yang Rata dan Stabil
Jangan menaruh tabung di tempat yang permukaannya miring atau di atas tumpukan benda lain yang memiliki potensi tabung gas jatuh. Tabung gas yang terguling atau jatuh dapat menyebabkan sambungan selang ke kompor atau ke tabung menjadi longgar sehingga gas bocor keluar. Tabung gas yang jatuh atau terguling juga dapat menyebabkan sambungan selang ke kompor lepas dan dapat menarik jatuh kompor yang sangat membahayakan.

Jauhkan Tabung Gas dari Panas dan Percikan Api

Jauhkan tabung gas elpiji dari kompor atau sumber api untuk menghindari meledaknya tabung gas elpiji. Tabung gas berisi elpiji yang bertekanan tinggi dapat meledak jika terpapar suhu tinggi. Tabung gas yang bocor dapat menyebabkan kebakaran dan meledaknya tabung gas jika terdapat sumber api di dekatnya. Akan lebih baik jika tabung gas berada di ruang yang terpisah dengan ruang tempat kompor.
Pastikan Selang Gas Tidak Terjepit atau Tertekuk
Selang gas yang menghubungkan tabung gas ke kompor berfungsi menyalurkan gas yang diperlukan untuk pembakaran di kompor. Selang yang tertindih atau tertekuk dapat mengurangi aliran gas sehingga mempengaruhi nyala api kompor. Selang yang terjepit atau tertekuk juga dapat membuat struktur bahan selang lebih cepat getas dan mudah pecah yang menyebabkan kebocoran gas. Pastikan selang gas tidak terjepit atau tertekuk. Sebaiknya anda memilih selang yang memiliki pelindung selang yang terbuat dari metal yang mudah ditekuk.
Lepas Segera Regulator Tabung Gas Jika Terjadi Kebocoran
Cara yang paling aman menangani kebocoran gas elpiji baik pada kompor, selang, maupun regulator, adalah dengan melepas regulator gas. Melepas regulator tabung gas akan memutus aliran gas keluar dari tabung gas untuk menghindari potensi bahaya kebocoran seperti kebakaran, terhirupnya gas, atau meledaknya tabung gas. Kebocoran gas mudah dikenali dari bau gas di udara sekitar yang menyengat.
Lakukan Pembersihan dan Pengecekan Secara Teratur
Lakukan pembersihan dan pengecekan kondisi kompor dan selang dan regulator gas secara teratur untuk memastikan semua perlengkapan memasak dengan gas elpiji dalam kondisi baik.
http://olvista.com

No comments:

Post a Comment