Thursday 26 November 2015

10 Bangunan Modern di Malang, Dulunya Tempat Apa Ya?

10. Bank Indonesia

Sejak dulu, bangunan Bank Indonesia di wilayah alun-alun memang selalu digunakan sebagai gedung perbankan. Dulunya, namanya adalah Javasche Bank dan didirikan tahun 1915 dan menggunakan arsitektur model Yunani yang membuatnya terlihat lebih modern.
Javasche Bank [Image Source]
Javasche Bank [Image Source]
Tahun 1943 ketika zaman pendudukan Jepang, fasilitas
Belanda termasuk sekolah-sekolah dibatasi dan rakyat dilarang menyimpan dana di bank. Kemudian Javasche Bank ditunjuk untuk menghimpun dana dari seluruh bank agar perekonomian bisa diatasi dengan ketat oleh Jepang.
Bank Indonesia yang ada di Malang ini dulunya bernama Javasche Bank
Bank Indonesia yang ada di Malang ini dulunya bernama Javasche Bank [imagesource]
Tahun 1947, bangunan ini juga tidak luput dari pembakaran oleh pejuang Malang. Bangunan ini akhirnya dibangun kembali tanpa mengubah bentuk dasar bangunan aslinya dan jadilah Bank Indonesia seperti sekarang ini.
Kota Malang sebenarnya juga memiliki sejarah yang menakjubkan dan tidak kalah dari kota-kota lainnya. Hanya saja, pembangunan besar-besaran seringkali akhirnya membuat sisa-sisa peninggalan sejarah tersebut hilang. Semoga saja pembangunan selanjutnya tidak mengesampingkan nilai sejarah dan seni bangunan kuno yang ada di kota Malang, yah meskipun sekarang yang tersisa juga sudah tidak banyak lagi.
Source: boombastis.com

No comments:

Post a Comment