Friday 27 November 2015

3 Kisah Sukses Pengusaha Muda Asal Indonesia

Saya kerap belajar pandangan hidup dan bisnis dari pengusaha muda. Kisah sukses pengusaha muda memberikan semangat tersendiri dan inpirasi yang baik..
Saya sudah pernah berbagi kisah sukses Mark Zuckerberg (Facebook) dan David Karp (Tumblr) yang berhasil menjadi salah satu CEO muda terkaya di dunia pada usia di bawah 30 tahun. Kali ini, saya ingin berbagi kisah sukses 3 pengusaha muda asal Indonesia.

Andrew Darwis

Andrew Darwis
Andrew Darwis
Pemuda 35 tahun ini dikenal
sebagai salah satu pengusaha muda tersukses di Indonesia lewat forum komunitas online terbesar Tanah Air, KASKUS. Forum tersebut saat ini menjadi andalan publik maya, terutama anak muda untuk berbagi informasi, diskusi, hingga berbisnis jual beli. Sempat kuliah di Binus tahun 1998, Andrew melanjutkan kuliah di Seattle karena minimnya fasilitas teknologi informasi di dalam negeri kala itu. Biaya yang mahal memaksa Andrew harus mencari pemasukan sendiri sebagai web designer selama menempuh pendidikan. Tahun 1999, ia berhasil membangun KASKUS sebagai media informasi bagi orang Indonesia di luar negeri. Bermodal Rp30.000 ia mendirikan website tersebut bersama dua rekannya (Ronald dan Budi). Perkembangan awalnya sangat lama (hanya dapat 3 anggota dalam seminggu). Barulah ketika internet semakin pesat di Indonesia, Andrew kembali ke Jakarta untuk mengelola situs tersebut di negara sendiri. Passion dan kerja kerasnya di dunia komputer online membuat Kaskus kini bisa mendapatkan ratusan anggota baru per hari.

Ferry Unardi

Profil Ferry Unardi
Profil Ferry Unardi
Pemuda inilah yang membawa angin segar dunia travelling digital Tanah Air. Ketika usianya baru 23 tahun, Ferry mulai berpikir untuk mengambil lebih banyak risiko selagi muda. Minatnya terhadap dunia IT sudah ada sejak lama. Ia pun melanjutkan kuliah ilmu komputer di Purdue University. Sempat bekerja di Microsoft-Seattle, masa kuliah sambil kerjanya itu kerap kali disulitkan dengan urusan penerbangan ke kampus, kantor, dan kampung halaman di Indonesia. Kesulitan ini mendorong Ferry mencari solusi yang menjadi cikal bakal lahirnya Traveloka. Tahun 2012, Traveloka resmi berdiri sebagai situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Kepiawaian Ferry dan timnya dalam membaca tren pasar membuatnya berhasil mengembangkan Traveloka sebagai agen travel online yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan booking hotel terbesar di Indonesia hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan.

William Tanuwijaya

William Tanuwijaya
William Tanuwijaya
Namanya semakin santer dielu-elukan terutama sejak Tokopedia (situs jual beli terbesar di Indonesia) yang didirikannya mendapat modal dari investor asing hingga 1,2 triliun tahun 2014 lalu. Sebelum berhasil mengibarkan kejayaan Tokopedia, pria kelahiran 1981 ini sempat menjadi pegawai, bahkan penjaga warnet di sela-sela waktu kuliahnya. William magang menjaga warnet supaya bisa puas internetan gratis. Waktu kerjanya tersebut membuatnya sering bolos. Ia baru lulus kuliah tahun 2013. Selama rajin internetan, William kerap kali melihat kasus penipuan online di forum jual beli. Ia ingin membantu para korban dan meyakini bahwa seharusnya penipuan bisa ditekan oleh situs penyedia layanannya. Pemikiran itulah yang menjadi cikal bakalnya mendirikan toko online profesional terbesar yang kini sukses dengan visi misi “Membangun Indonesia lebih baik (melalui internet)”. Keberhasilannya membawa Tokopedia berkembang pesat tak pelak membuat banyak orang menjulukinya “Jack Ma of Indonesia”.

Kesimpulan

Saya percaya bahwa apa dilakukan di usia muda sangat menentukan kesuksesan. Pengusaha muda memiliki banyak kelebihan untuk dapat menyempurnakan kesuksesannya. Memulai usaha terbaik sedini mungkin akan membuat kesuksesan lebih bertahan lama. 3 Kisah sukses pengusaha muda di atas dapat menjadi contoh inspiratif. Kemandirian dalam menghadapi masalah memang merupakan salah satu amunisi terbaik untuk mendorong orang giat berusaha.

Sumber: http://www.agateseo.com

No comments:

Post a Comment