Wednesday 23 December 2015

Komposisi Dalam Fotografi, Menguasai Rule of Thirds

Komposisi Dalam Fotografi - Salah satu hal penting yang harus kita kuasai sebelum memotret yaitu menguasai komposisi dalam fotografi. Untuk dapat menghasilkan karya-karya yang indah, ada baiknya kita belajar komposisi dalam fotografi mulai dari sekarang. 

Ada beberapa teman yang bertanya kepada saya seperti ini "Apa pengertian komposisi dalam fotografi?". Mari kita simak lebih jauh mengenai komposisi dalam fotografi.

Pengertian Komposisi Dalam Fotografi


Komposisi di dalam dunia seni diartikan sebagai tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan keselarasan dalam suatu karya seni. Di dalam dunia fotografi ada banyak prinsip komposisi, yang paling sering kita dengar adalahRule of Thirds. Sebenarnya prinsip komposisi ini tidak wajib harus diterapkan, namun untuk menjadi kreatif di dalam dunia seni, kita harus mengetahui aturan mainnya terlebih dahulu sebelum 'mendobrak'nya.

Belajar Komposisi Rule of Thirds


Pada komposisi Rule of Thirds, sebuah bidang foto dibagi oleh masing-masing 3 buah garis vertical dan horizontal yang membagi ukurannya menjadi 9 bagian sama besar, sehingga pertemuan dari garis vertical tersebut akan menghasilkan 4 titik utama.

Komposisi Dalam Fotografi, Menguasai Rule of Thirds

Dalam Rule of Thirds, dikatakan bahwa ketika kita menempatkan objek utama yang menjadi Point of Interest (PoI) di salah satu titik tersebut maka secara keseluruhan foto akan menjadi balance dan menarik untuk dilihat. Dalam ilmu desain ada teori yang menyatakan bahwa mata manusia secara natural cenderung tertuju pada salah satu titik di atas dibandingkan pada pusat titik tengah foto. Sehingga ketika sebuah foto disusun dengan komposisi Rule of Thirds akan lebih menarik karena sejalan dengan cara mata manusia meilihatnya.

Sebenarnya, di dalam fotografi tidak ada larangan untuk menempatkan objek yang menjadi point of interest di bagian tengah foto. Tetapi, kita dapat membuat foto lebih menarik dan optimal dengan tidak menempatkan objek utama di bagian tengah foto sehingga secara tidak langsung akan menarik mata untuk menjelajah foto.

Pada dasarnya, meletakkan objek utama di bagian tengah foto hanya akan membuat mata memusatkan perhatian pada bagian tengah foto sehingga akan tampak datar, kecuali penempatannya dimaksudkan untuk menciptakan representasi dari realitas.

Jadi dengan memahami komposisi Rule of Thirds, kita dapat menentukan sendiri faktor-faktor yang menyusun sebuah foto dan bagaimana kita akan membuat foto yang lebih menarik.

http://lensfotografi.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment