Thursday 15 February 2018

Penghalang Kita Untuk Masuk Surga

Betapa bahayanya dan amat sia-sia kita ini jika kita sudah beriman dan beramal sholeh tetapi terhalang masuk surga dikarenakan kita membawa penghalang amalan kita. Maka dari itu mari kita beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan beramal sholeh selama kita hidup di dunia ini. Semoga kita semua terhindar dari dosa-dosa tersebut.

1. Bakhil
Kalau dalam wasiat sebelumnya Nabi Muhammad SAW. menyatakan bahwa bakhil dan kikir menjauhkan pelakunya dari Allah dan mendekatkannya pada kemurkaan-Nya, maka kali ini Baginda Rasulullah Muhammad SAW. dengan jelas menyatakan bahwa sifat bakhil tersebut akan mengakibatkan pelakunya tidak bisa masuk surga, sebab Allah SWT. sendiri telah mengharamkan surga-Nya untuk dimasuki orang-orang bakhil.
Alasan mengapa sifat bakhil ini bisa menjadi penghalang bagi seseorang untuk memasuki Surga adalah karena bakhil dilandasi oleh sifat cinta dunia. Sifat cinta dunia sendiri sebenarnya merupakan hal yang menyebabkan seseorang menjadi jauh dari Allah SWT.
2. Durhaka Kepada Kedua Orang Tua
Allah SWT telah menjelaskan bagaimana seharusnya seorang anak berlaku kepada kedua orang tuanya. Allah SWT mewajibkan seorang anak untuk taat dan patuh terhadap kedua orang tua sepanjang perintah orang tua tersebut tidak mengajak pada hal-hal yang dilarang oleh agama.
Sebagai sebuah perintah, taat kepada orang tua adalah sebuah amaliyah ibadah yang menyimpan banyak pahala. Allah SWT.menyediakan surga bagi mereka yang mau berbakti kepada kedua orang tua sekaligus Allah SWT. menyediakan tempat penyiksaan khusus yakni Neraka, bagi mereka yang durhaka kepada orang tua.
3. Naminah
Namimah atau dalam bahasa kita sering disebut ADU-DOMBA adalah menyebarkan fitnah tentang seseorang terhadap orang lain dengan maksud mengadu domba agar antara dua orang tersebut bertengkar satu sama lain, walaupun sebenarnya tidak ada permasalahan antara keduanya.
Namimah ini adalah sebentuk dosa yang diakibatkan oleh lisan. Sebuah hadits menginformasikan bahwa suatu saat Nabi SAW. pernah berjalan-jalan dengan sebagian sahabatnya. ketika mereka melewati sebuah kuburan tua, Nabi SAW mengetahui bahwa di tempat itu ada dua kuburan yang kedua penghuninya sedang disiksa oleh Allah SWT. Baginda Nabi  SAW menjelaskan kepada para sahabat bahwa salah satu dari kedua orang tersebut adalah suka melakukan Namimah sewaktu hidup, sementara yang satunya lagi adalah tidak suka bersuci sehabis kencing.
4. Syirik Kepada Allah 
Syirik kepada Allah Swt adalah menganggap atau menjadikan selain Allah Swt sebagai Tuhan, ini merupakan syirik yang besar sehingga pelakunya bisa dinyatakan kafir, keluar dari Islam (murtad) dan seandainya sebelum itu dia melakukan amal yang shaleh, maka terhapuslah nilai amalnya itu, Meskipun tidak sampai dinyatakan kafir, ada pula syirik yang kecil, yakni riya atau mengharapkan pujian dari amal shaleh yang dilakukan seseorang.
Termasuk syirik kepada Allah adalah mempercayai perdukunan, ramalan-ramalan nasib, tahayyul, jimat, sihir, jampi-jampi yang tidak berdasar, kepercayaan-kepercayaan yang tidak sesuai dengan aqidah Islam.
5. Meninggalkan Sholat
Amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.sebenarnya, sama sekali tidak ada ruang, seorang Muslim meninggalkan shalat. Mau dalam perjalanan, sakit, tidak bisa berdiri, pusing, bahkan lumpuh sekalipun. Shalat tetap wajib.Dan, karena ibadah ini bersifat mutlak, keringanan yang Allah berikan pun sangat-sangat memudahkan kita untuk tetap bisa mendirikannya dengan baik dan benar.
6. Sombong 
Kesombongan merupakan sifat yang sangat tercela, hal ini karena manusia dengan segala kelemahan dan kekurangannya tidak pantas berlaku sombong. Hanya Allah yang Maha berkuasa, Maha kaya, Maha tahu dan sebagainya yang pantas berlaku sombong, meskipun Dia tidak menyombongkan diri. Karena itu, Allah SWT menutup pintu surga bagi orang-orang yang sombong.
Disamping itu, Allah SWT lebih murka lagi kepada orang menyombongkan diri dengan dosa yang dilakukannya atau bangga dengan dosa, hal ini membuat ia semakin sulit untuk bisa masuk ke dalam surga .
7. Hutang
Hutang adalah masalah yang sangat mengikat bukan saja selagi manusia hidup di dunia, tetapi beban hutang juga akan berlanjut sampai di akhirat. Bahkan seorang yang syahid dijalan Allahpun jika dia punya hutang maka dosanya tak diampuni oleh Allah . Karena ingatlah hutang pada manusia tidak bisa dilunasi hanya dengan istighfar.
8. Memutuskan Persaudaraan 
Manusia itu adalah makhluk yang bersaudara dengan sesamanya, karenanya jangan sampai tergadi kebencian dan permusuhan tanpa alasan yang bisa dibenarkan, apalagi bagi orang yang memiliki kesamaan iman terutama bila yang sesama mu’min itu memiliki ikatan persaudaraan dalam nasab atau keturunan.,
Tidak dimasukkannya orang yang memutuskan silaturahim ke dalam surga karena Allah Swt sangat murka sehingga laknat-Nya akan turun kepada mereka.
9. Khianat 
Khianat merupakan juga penyakit yang menghambat masuknya seseorang ke dalam surga dan khianat sangat melekat pada manusia terutama kebanyakan adalah para pejabat tinggi, politikus dan tidak luput pula diri kita juga dihinggapi penyakit khianat. Jadi pejabat yang menyalahgunakan jabatannya, jadi pegawai melemparkan tanggungjawabnya, jadi politikus suka ingkar-janji dan lain sebagainya.
Negeri Kita ini mashur dimana-mana dengan, korupsinya, padahal orang sudah paham bahwa bangsa Indonesia adalah negeri yang penghuninya mayoritas beragama. Dan bahkan bangkrut sudah kita ini karena ulah para pengkhianat-pengkhianat bangsa. 
10. Dayyuts
Kelompok terakhir banyak didapati di akhir zaman. Ada begitu banyak laki-laki yang tidak peka terhadap kemaksiatan yang dikerjakan oleh istri, anak-anak, dan keluarga yang di bawah perwaliannya.
Dalam tahap tertentu, laki-laki ini bahkan berani menjerumuskan keluarganya ke dalam perbuatan maksiat. Ia memperdagangkan anak-anak dan istrinya agar bergabung aktif dan menjadi penyokong perbuatan dosa dan maksiat.
Akan tetapi, sebab pintu taubat senantiasa terbuka hingga matahari terbit dari arah barat, ketiga kelompok ini amat mungkin diampuni jika bertaubat kepada Allah Ta’ala. Sebaliknya, jika mati dalam keadaan melakukan kemasiatan, neraka telah menunggu mereka dengan seluruh siksa yang terdapat di dalamnya.

SUMBER: https://www.vebma.com/inspirasi/subhanallah-inilah-dosa-penghalang-kita-masuk-surga/24441

No comments:

Post a Comment